Isi Laporan Prakerin BAB III Landasan teori


BAB III
LANDASAN TEORI
3.1     Sejarah  WebSite

Gambar 3.1.1 world wide web
Apa itu Website? Website Merupakan halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses dari seluruh penjuru dunia selama terhubung dengan internet. Website pertama kali ditemukan oleh Sir  Timothy John, Tim Berners-lee yang dijuluki Kesatria penemu Web. Pada tahun 1991 Website terhubung dengan jaringan. Tujuan Website dibuat untuk memudahkan penukaran informasi lebih cepat kepada sesama Peniliti ditempat mereka bekerja, Dengan demikian Website saat itu hanya sebatas tukar menukar informasi. Website dipublikasikan setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 April 1993. CERN menyatakan bahwa Website dapat digunakan secara gratis oleh seluruh orang. Pada saat ini pengertian Website sudah masuk keranah publik karena bisa diakses semua orang.

3.2     Fungsi CMS untuk Website 

         Gambar 3.2.1 cms
Sebenarnya apa itu CmsContent Management System”? Cms Merupakan Aplikasi atau Software pada Web untuk memudahkan Dalam Pengelolaan Web, Dan apa Fungsi yang ada pada Cms? Antara lain, Memudahkan Memanajemen data,Mengatur Siklus hidup Server, Memper indah tampilan dari web itu sendiri, Akuntabilisasi.

3.3     Pengertian Web Mail
Keunggulan menggunakan web mail  kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail, kita bisa menggunakan fitur – fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo. Keunggulan menggunakan web mail ialah kita bisa nyaman untuk mengirim surat, tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan dan Hanya dengan hitungan detik email dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Selain itu pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi email dapat berupa gambar, foto, vidio, program, bahkan suara. Web mail pastinya sudah sangat dikenal dan digunakan banyak orang di dunia ini.  Dengan web mail kita dapat saling berkirim email dengan teman, atau ke alamat email tertentu. Manfaat Web Mail adalah untuk mengoperasikan email account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah di buat melalui CPanel. Web Mail sesuai digunakan apabila Alamat email kita harus bisa diakses beberapa orang sekaligus. Misalkan email kontak utama perusahaan dimana terdapat beberapa orang yang dapat mengakses dan menjawab email yang masuk. kemudian membuka website untuk mail nya. dan jika koneksi internet tidak ada maka web mail tidak akan bisa di akses jika web mail yang di akses harus terhubung ke internet. Web mail bisa berjalan ketika koneksi internet-nya lancar, dan prosesnya juga lumayan rumit. Web mail bisa di akses melalui browser seperti firefox, Internet Explorer, Opera dan lain-lain. Kita tidak perlu menginstal software mail client di computer. Pada web mail terdapat kelemahan seperti, Sangat tergantung terhadap akses internet. Selama mengelola email, kita harus terkoneksi terus ke internet, kalau tidak maka prosesnya akan terhenti, dan Kita akan khawatir masalah kuota nya
3.4     Menjaga keamanan Website

Gambar 3.4.1 contoh halaman index web yang diretas
Menjaga keamanan website itu sangat penting, untuk menjaga website dari para peretas. Para peretas masuk melalui banyak celah, biasanya para peretas ini disebut defacer, mereka bisa membobol web kita karena kurang kehati-hatian kita dalam mengelola web. Contoh didalama web kita terdapat uploader tersembunyi dan jika hal ini diketahui oleh para peretas maka dengan mudah mereka meng-upload  yang disebut Backdoor atau Bahasa kerennya shell. Perawatan setiap hari seperti backup data, Mengecek log pada site kita perlu dilakukan untuk mencegah para peretas tersebut beraksi. Bagaimana cara mengetahui web kita aman? Kita bisa mulai dengan mengecek file dan cms yang kita gunakan, untuk mengecek dan memperbaiki vulnerability bisa di cek di http://exploit-db.com atau http://oday.today dan untuk memastikan web kita pernah dimasuki para defacer kita bisa cek http://zone-h.org yang merupakan tempat mereka mirror web yang saat itu mereka bobol.

Post a Comment

0 Comments