Review Jurnal Sistem Cerdas Deteksi Emosi Dari Teks Bahasa Indonesia




Judul LEKSIKON UNTUK DETEKSI EMOSI DARI TEKS BAHASA INDONESIA
Jurnal Seminar Nasional Informatika 2015 (semnasIF 2015)
Vol & Halaman ISSN: 1979-2328
Tahun terbit 2015
Penulis, email Julius Bata, Suyoto, Pranowo, 145302168@student.uajy.ac.id
Reviewer Gupy Wantoro
Tanggal Review 26 Desember 2019

Tujuan Penilitian Tujuan dari penilitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas interaksi manusia-komputer dan membantu manusia mengenal emosi yang terdapat dalah sebuah teks
Subjek Penilitian Subjek dari penilitian ini adalah pesan teks bahasa indonesia
Metode Penilitian Penilitian ini dibuat dengan menggunakan metode leksikon emosi yang terdiri dari 2 tahap utama yaitu 1) penentuan kata kunci (seed-words) dan 2) perluasan leksikon berdasarkan kata kunci
Hasil Penilitian Hasil dari penilitian ini adalah menghasilkan leksikon emosi dengan jumlah kata yang digunakan sebagai seed-words adalah 124 kata yang dikelompokkan menjadi 5 jenis emosi yaitu senang, cinta, marah,sedih dan takut. Dan dari total 2075 kata leksikon mentah berhasil dilakukan pembersihan jumlah kata dalam leksikon menjadi 1165.
Kelebihan Dengan adanya sistim ini akan sangat membantu manusia dalam membedakan emosi dalam tiap pesan teks bahasa indonesia yang dibaca.
Kelemahan Kelemahan dalam penilitian ini adalah metode yang digunakan masih sangat sederhana, ada beberapa metode yang lebih bagus digunakan untuk mengenal emosi baik menggunanakn frasa ataupun tidak.
Kesimpulan & Saran Dari dua metode yang dilakukan yaitu, pemilihan seed-words dan perluasan leksikon menghasilkan 1165 kata dalam leksikon emosi bahasa indonesia, pada penilitian ini hanya melakukan pengembangan leksikon. Masih ada banyak hal untuk mengembembangkan penilitian ini dengan mengukur unjuk kerja dari leksikon dengan melakukan deteksi emosi dari teks secara langsung. Penilitian selanjutnya perlu menggunakan pendekatan lain seperti corpus-based untuk mengenmbangkannya.

Post a Comment

0 Comments